Biaya Kontrol Kehamilan 3D & 4D di Kopo Bandung tahun 2018

Kontrol hamil usg di salah satu scene film Teman Tapi Menikah 2

Kehamilan pasti menjadi salah satu fase yang diidamkan para calon ibu. Sebelum berbunga-bunga menjalani kehamilan itu sendiri, ada baiknya kita mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk kontrol kehamian sampai melahirkan nanti. Pemilihan rumah sakit, klinik atau bidan untuk kontrol dan persalinan pun harus benar-benar dipikirkan. Jika tidak, bisa seperti apa yang saya lalui. Gonta-ganti dokter dan bidan. Dan juga gonta ganti Rumah Sakit. Dari gonta ganti dokter dan rumah sakit ini lah, saya bisa berbagi informasi tentang biaya-biaya yang mungkin para bumil penasaran. Berapa sih biaya kontrol kehamilan? Terus ada ga sih USG 4D di daerah Kopo. Nah karena saya orang Kab. Bandung selatan, daerah kopo-soreang, maka iniah informasi Biaya kontrol kehamilan 3D dan 4D di Kopo.

 

Disini, saya akan memberikan rincian biaya kontrol kehamilan di RS. Santosa Kopo dan RS. Lanud Sulaiman. Karena di dua rumah sakit iniah saya diperiksa dan juga kedua rumah sakit ini menyediakan jasa USG 4D. Jadi buat kalian, orang kopo soreang yang ingin USG 4D, ingin lihat muka dede di perutnya, ga usah jauh jauh ke cimohay. Toh di kedua rumah sakit ini juga ada. Sebelum masuk ke biaya rumah sakit, buat kalian yang punya BPJS, kedua rumah sakit ini juga menerima dengan senang hati. Jadi rincian biaya yang akan saya share mungin tidak diperlukan. Tapi ini buat jaga jaga jikalau ada peraturan BPJS terbaru yang mengharusan kita memakai uang sendiri.

 

Jadwal Dokter dan Biaya Kontrol Kehamilan di RS. Santosa Kopo

Jadwal Dokter 

Awal hamil, cek bener hamil atau tidaknya di klinik Jaya Media, di warung lobak sama Bidan. Disana juga menyediakan jasa USG 3D. Bayarnya cuman 110.000 plus vitamin yang cuman beberapa biji. Karena ada Asuransi dari kantor yaitu Jasindo yang bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan sayang juga kalau gak dipakai, akhirnya nyobalah cek di Rumah Sakit Santosa Kopo. Di rumah sakit ini banyak dokter yang bertugas dari senin-sabtu. Tapi yang paling banyak peminatnya di hari sabtu yaitu Dr. Cresni Febri Wijayanto dan Dr. Yanne Trihapsary. Dua Dokter ini dokter cewe dan jadwalnya juga sama, yaitu senin-sabtu dari jam 08.00 s/d 12.00. Saya pernah diperiksa oleh dua dokter tersebut. Buat kalian yang ingin penjelasan lebih detail saat kontrol dan punya wibawa keibuan, saya sarankan ke Dr. Yanne. Tapi jika kalian ingin Dokter yang gaul dan bisa diajak ngobrol kaya ke temen, saya sarankan Dr. Cresni. 

 

Biaya Kontrol

Biaya kontrol di RS. Santosa itu kurang lebih sekitar Rp.300.000. 100.000 untuk biaya Dokter dan 200.000 untuk biaya USG dan radiologi. Biaya tersebut belum termasuk biaya obat ya. Dr. Cresni sama Dr. Yanne selalu ngasih obat dua macam: kalsium dan vitamin untuk kita. Obatnya juga untuk satu bulan penuh, yaitu 30 kapsul/tablet untuk tiap obat. Dua obat tersebut dibandrol seharga 300.000 juga. Jadi total tiap kontrol di Santosa itu kurang lebih 600.000an. Usahakan dede bayinya sehat ya bumil, soalnya saya pernah ada keluhan pusing muter saat hamil dan harus dicek darah di lab Santosa (masih satu gedung). Nah biaya cek darahnya juga sekitar 600.000. Jadi total saya kontrol hari itu dengan cek darah adalah 1.200.000. 

RS. Santosa Kopo ini juga menyediakan jasa USG 4D. Hanya saja dokternya berbeda. Bukan dokter yang biasa kontrol. Biaya USGnya sekitar 500.000 belum dengan konsutasi dokter dan obat tentunya. Jadi ya, mungkin seitar 800.000 atau lebih. Saya sih ga nyoba. Informasi ini hasil nanya ke perawat. Hehe

 

Jadwal Dokter dan Biaya Kontrol Kehamilan di RS. Lanud Sulaiman

Jadwal Dokter

Dokter Obygn di RS. Lanud Sulaiman ini cuman satu dokter dan dokternya laki laki, namanya Dr. Adityo. Jadwal praktik Dr. Adityo ini senin s/d jumat. Pada hari senin, rabu dan jumat, pratiknya dimulai pada jam 2 siang s/d selesai. Sedangkan untuk hari selasa dan kamis dimulai pada jam 8 malam s/d selesai. Kontrol USG 3D dan 4D pun bebas, karena dokter dan jadwalnya sama, hanya biayanya saja yang berbeda. Buat para bumil yang ingin kontrol kehamilan di RS. Sulaiman, kalian harus daftar nomor antrian pagi-pagi. Untuk pendaftaran jadwal kontrol jam dua, dimulai jam 9. Sedangkan, untuk jadwal kontrol malam, pendaftarannya dibuka siang-siang jam 2. 

 

Biaya Kontrol

Biaya kontrol USG 3D di Lanud Sulaiman ini adalah 60.000 sudah dengan konsultasi dokter. Sedangkan, untuk USG 4D adalah 120.000. Biaya tersebut belum termasuk obat ya kawans. Dan, untuk radiologi disini juga terpisah. Saya pertama kali kontrol di RS. Sulaiman karena iseng ingin yang 4D. Dan ternyata air ketuban sudah dikit, dan jantung dede bayi dalam perut lemah. Maka, disarankan untuk rekam jantung. Nah rekam jantung (radiologi) ini menambah biaya kontrol sebesar 60.000. Jadi kontrol 4D waktu itu saya mengeluarkan uang 180.000. USG 4Dnya 120.000 ditambah rekam jantung seharga 60.000. Jadi totalnya 180.000. Saya selama kontrol kehamilan 2x di Sulaiman gak pernah dikasih obat, jadi saya gak bisa menginfokan rincian biaya dengan obat. Maafkan.

 

Nah itulah informasi biaya yang bisa saya sampaikan. Mau dimanapun kontrolnya, mau yang murah ataupun mahal, mau dokter ataupun bidan yang terpenting dede bayi dan ibunya sehat-sehat ya. Salam untuk para bumil diluar sana.

 

Notes: ketiga dokter diatas pada ngaret datangnya. Soalnya mereka punya praktek di tempat lain juga. Harap maklum saja ya.

Komentar

Postingan Populer